Selasa, 21 Februari 2012

BERFIKIR DAN BERTINDAK TAKTIS STRATEGIS

Oleh: Titut Sudiono, S.Ag
(Sekretaris Lakpesdam Lampung)

Ada yang mengatakan, kerja-kerja atau tugas pemberdayaan di masyarakat adalah kerja-kerja ideal. Dibutuhkan manusia-manusia yang tangguh, cerdas dan didukung oleh strategi, metode, pendekatan dan cara-cara yang sangat efektif,sehingga tujuan bisa tercapai. Tapi, sering sekali idealisme atau semangat yangluarbiasa tinggi saja tidak cukup. Kecerdasan saja tidak cukup, apalagi sekedar mengandalkan dana ataupun sekedar teori-teori saja. Bekerja bersama masyarakat juga membutuhkan cara berfikir dan bertindak yang handal,sehingga secara perlahan dapat merubah situasi yang ingin dirubah.Banyak orang yang bekerja bersama masyarakat mengalami kegagalan, ataupunkegiatannya berhasil namun tidak bisa merubah masyarakat karena cara berfikirdan bertindaknya terlalu idealis.

Mengapa bisa demikian? Kegagalan itu terjadi karena orang tersebut berfikir dan bertindak sesuai dengan yang ada difikirannya saja, atau apa yang menurut pemikirannya baik dan benar saja. Ada juga orang yang bertindak sesuai dengan apa yang tertulis saja, bahkan hanykata teori saja. Ketika dilaksanakan di lapangan, ternyata teori, buku, pemikirandan yang menurutnya baik tidak terlaksana, atau jika pun terlaksana, hasilnyakurang baik.

 
Ada kasus dimana seseorang yang melaksanakan pertemuan dengan masyarakat. Idealnya, pertemuan tersebut dilakukan di kantor desa, karena hal-hal yang menyangkut pembangunan desa harus dilakukan di kantor desa. Ketikadilaksanakan, ternyata sebahagian masyarakat tidak mau datang. Setelah diteliti,ternyata masyarakat tidak datang karena menganggap pertemuan tersebut tidakbeda dengan pertemuan-pertemuan lain di kantor desa yang tidak membawahasil apapun.

Kemudian ada juga contoh kasus dimana secara teori, untuk melibatkan perempuan pembangunan, maka dalam setiap pertemuan harus menghadirkan 50% perempuan. Kemudian dibuat dan di undanglah beberapa orang perempuan sehingga memenuhi syarat jumlah 50% tersebut. Ternyata, ketika dilakukanpertemuan, seluruh perempuan yang hadir tidak mau mengeluarkan pendapat. Hanya laki-laki saja yang bicara. Akhirnya, perempuan yang hadir pun hanya jadipenonton dalam pertemuan tersebut, dan tujuan yang diharapkan pun tidaktercapai.Berdasarkan dua contoh di atas dapat dilihat, bahwasannya jika berpatokan saja dengan apa yang tertulis, apa yang dianggap benar/baik dan sesuai dengan teorinya saja sering tidak berhasil baik di masyarakat.

Mengapa demikian?Apakah teori, aturan dan apa yang tertulis di buku tersebut memang tidak bisa dijadikan panduan untuk bekerja di masyarakat? Atau dengan kata lain, apakahyang bersifat ideal sering tidak tepat untuk dilakukan? Jawabannya bisa ya…bisa juga tidak…!Di lain kasus, ada orang yang melakukan sesuatu itu hanya berdasarkanpertimbangan kelancaran atau kesuksesan saja. Menurut mereka, apa yang bisa sukses dijalankan, mana yang bisa cepat berhasil, atau apa yang lancar dilaksanakan, itulah yang akan dikerjakan. Akhirnya, karena berfikir seperti itu,sering sekali kegiatan-kegiatan di masyarakat menjadi tidak bermanfaat bagimasyarakat. Dikarenakan tujuan mereka hanyalah kelancaran dari kegiatan, maka biasanya mereka lupa dengan hal-hal yang utama atau prinsipil. Padahal, untukmelakukan perubahan, maka yang dirubah haruslah yang prinsipil, utama atauyang bersifat hakekat. Kelalaian seperti ini berdampak tidak baik padamasyarakat, bahkan bisa membuat masyarakat menjadi bosan dan jenuh, karena kegiatan-kegiatan yang dijalankan tidak membawa perubahan pada diri mereka.

Lalu cara berfikir dan bertindak  seperti apa yang perlu? Jawabannya adalah,seorang organizer yang bekerja bersama masyarakat harus bisa berfikir taktis dan strategis. Apa yang dimaksud dengan cara berfikir taktis dan strategis? Mari kita jawab satu-per satu.Bayangkan saja jika kita dari sebuah Desa A akan menuju Desa B. Ada satu jalan besar yang harus kita lewati untuk menuju Desa B. Jalan besar itu adalah jalan yang sangat strategis, karena kemungkinan bisa lebih cepat, jalannya besar, dipinggir jalan banyak rumah, dan sebagainya. Berdasarkan contoh tersebut, hal-hal yang strategis adalah hal-hal yang yang memang menjadi tujuan utama kita,yakni kota B. Namun untuk menuju kota B, terkadang jalan besar tersebut macet, banyak gangguan di jalan, kemungkinan menabrak orang yang ramai, atau kemungkinan ada keramaian di jalan, sehingga kita bisa terhambat. Dari yang kita rencanakan di perjalanan hanya menghabiskan waktu 1 jam, karena banyak kendala, akhirnya ditempuh selama 2 jam lebih.

Selain jalan utama atau jalan besar tersebut, ada juga jalan-jalan kecil, lorong, dangang yang sebenarnya bisa dilewati. Walaupun jalannya berputar-putar, banyak belokan, melewati sungai dan parit, namun tujuannya tetap ke Kota B. Ketika kitalewati jalan-jalan kecil tersebut, ternyata kita bisa lebih cepat sampai sekaligus tidak mendapat kendala di jalan. Cara berfikir seperti  inilah yang  disebut dengan caraberfikir taktis. Lalau apa kesimpulan yang kita bisa ambil dari cerita di atas? Berfikir strategis adalah cara berfikir yang berhubungan secara langsung dengan tujuan, atau cara berfikir yang ideal, cara berfikir normatif (sesuai norma), cara berfikir dan bertindak yang sesuai dengan teori atau aturan yang ada. Cara berfikir dan bertindak seperti ini dianggap cara yang lurus-lurus saja. Ibarat seekor kuda dengan kusirnya. Kuda berfikir lurus-lurus saja, karena memakai kacamata kuda, sedangkan si kusir berfikir bebas, dan ia yang kemudian mengarahkan sikuda agar terus berjalan ke arah yang benar. Si kuda yang berfikir lurus-lurus saja bisa terjerembab ke lumpur, menginjak kayu dan sebagainya, sehingga bisa celaka dan tidak mencapai tujuan. Sedangkan si kusir yang berfikir bebas, karena fikiran dan matanya terbuka, ia bisa membelokkan jalan kuda ke kiri dan ke kanan, untukkemudian sampai ke tujuan.

Berfikir dan bertindak strategis adalah cara yang paling sesuai dengan apa yang tertulis di buku atau teori yang ada. Jika sebuah teori mengatakan untuk mengajak seseorang diskusi harus diberikan pemahaman dan dibentukkesadarannya terlebih dahulu, maka hal itulah yang harus dilakukan. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Untuk membuat seseorang paham dan sadar,maka dibutuhkan waktu yang sangat panjang, bahkan bisa saja tidak berhasil dilakukan.Orang yang berfikir taktis tidak langsung menerapkan apa yang disebutkan didalam buku atau dikatakan sebuah teori. Yang penting bagi orang yang berfikir taktis adalah; bagaimana masyarakat yang di ajak diskusi bisa datang kepertemuan. Persoalan orang tersebut belum sadar atau tidak bukanlah persoalan utama. Karena bagi mereka, dengan kehadiran seseorang tersebut di pertemuan atau diskusi, maka paling tidak ia bisa mendengar apa yang di bicarakan dalam diskusi tersebut. Ketika orang tersebut sudah datang dan mendengar, bisa saja kemudian ia menjadi sadar tentang pentingnya diskusi atau pertemuan tersebut.

Pertanyaannya kemudian adalah, mana yang lebih baik antara berfikir strategis dan taktis? Jawabannya adalah; kedua-duanya sama-sama baik. Penting untuk berfikir strategis, karena hal itu akan tetap menjaga kita supaya berada di jaluryang benar untuk melakukan perubahan di masyarakat. Tujuan utama dari kegiatan yang kita lakukan bersama masyarakat adalah bagaimana masyarakat bisa keluar dari kemiskinan, ketidakadilan dan kemelaratan. Segala sesuatu yangbersifat strategis memang harus dijaga, dipegang dan dipedomani. Jangan pernahkeluar dari benang merah yang menghubungkan kita (seorang CommunityOrganizer) dengan tujuan utama kita.

Ada yang mengatakan, kerja-kerja atau tugas pemberdayaan di masyarakat adalah kerja-kerja ideal. Dibutuhkan manusia-manusia yang tangguh, cerdas dan didukung oleh strategi, metode, pendekatan dan cara-cara yang sangat efektif, sehingga tujuan bisa tercapai. Tapi, sering sekali idealisme atau semangat yang luarbiasa tinggi saja tidak cukup. Kecerdasan saja tidak cukup, apalagi sekedar mengandalkan dana ataupun sekedar teori-teori saja. Bekerja bersama masyarakat juga membutuhkan cara berfikir dan bertindak yang handal, sehingga secara perlahan dapat merubah situasi yang ingin dirubah. Banyak orang yang bekerja bersama masyarakat mengalami kegagalan, ataupun kegiatannya berhasil namun tidak bisa merubah masyarakat karena cara berfikirdan bertindaknya terlalu idealis. Mengapa bisa demikian? Kegagalan itu terjadikarena orang tersebut berfikir dan bertindak sesuai dengan yang ada difikirannya saja, atau apa yang menurut pemikirannya baik dan benar saja.

Ada juga orang yang bertindak sesuai dengan apa yang tertulis saja, bahkan hanya kata teori saja. Ketika dilaksanakan di lapangan, ternyata teori, buku, pemikirandan yang menurutnya baik tidak terlaksana, atau jika pun terlaksana, hasilnyakurang baik.

Ada kasus dimana seseorang yang melaksanakan pertemuan dengan masyarakat. Idealnya, pertemuan tersebut dilakukan di kantor desa, karena hal-hal yang menyangkut pembangunan desa harus dilakukan di kantor desa. Ketika dilaksanakan, ternyata sebahagian masyarakat tidak mau datang. Setelah diteliti,ternyata masyarakat tidak datang karena menganggap pertemuan tersebut tidakbeda dengan pertemuan-pertemuan lain di kantor desa yang tidak membawahasil apapun. Kemudian ada juga contoh kasus dimana secara teori, untuk melibatkan perempuan pembangunan, maka dalam setiap pertemuan harus menghadirkan50% perempuan. Kemudian dibuat dan di undanglah beberapa orang perempuansehingga memenuhi syarat jumlah 50% tersebut. Ternyata, ketika dilakukan pertemuan, seluruh perempuan yang hadir tidak mau mengeluarkan pendapat.Hanya laki-laki saja yang bicara. Akhirnya, perempuan yang hadir pun hanya jadipenonton dalam pertemuan tersebut, dan tujuan yang diharapkan pun tidaktercapai.Berdasarkan dua contoh di atas dapat dilihat, bahwasannya jika berpatokan sajadengan apa yang tertulis, apa yang dianggap benar/baik dan sesuai denganteorinya saja sering tidak berhasil baik di masyarakat. Mengapa demikian?Apakah teori, aturan dan apa yang tertulis di buku tersebut memang tidak bisadijadikan panduan untuk bekerja di masyarakat? Atau dengan kata lain, apakahyang bersifat ideal sering tidak tepat untuk dilakukan? Jawabannya bisa ya…bisa juga tidak…!

Di lain kasus, ada orang yang melakukan sesuatu itu hanya berdasarkanpertimbangan kelancaran atau kesuksesan saja. Menurut mereka, apa yang bisasukses dijalankan, mana yang bisa cepat berhasil, atau apa yang lancar dilaksanakan, itulah yang akan dikerjakan. Akhirnya, karena berfikir seperti itu,sering sekali kegiatan-kegiatan di masyarakat menjadi tidak bermanfaat bagi masyarakat. Dikarenakan tujuan mereka hanyalah kelancaran dari kegiatan, makabiasanya mereka lupa dengan hal-hal yang utama atau prinsipil. Padahal, untukmelakukan perubahan, maka yang dirubah haruslah yang prinsipil, utama atauyang bersifat hakekat. Kelalaian seperti ini berdampak tidak baik pada masyarakat, bahkan bisa membuat masyarakat menjadi bosan dan jenuh, karenakegiatan-kegiatan yang dijalankan tidak membawa perubahan pada diri mereka. Lalu cara berfikir dan bertindak seperti apa yang perlu? Jawabannya adalah, seorang organizer yang bekerja bersama masyarakat harus bisa berfikir taktis dan strategis. Apa yang dimaksud dengan cara berfikir taktis dan strategis? Mari kita jawab satu-per satu.Bayangkan saja jika kita dari sebuah Desa A akan menuju Desa B. Ada satu jalanbesar yang harus kita lewati untuk menuju Desa B. Jalan besar itu adalah jalanyang sangat strategis, karena kemungkinan bisa lebih cepat, jalannya besar, dipinggir jalan banyak rumah, dan sebagainya. Berdasarkan contoh tersebut, hal-hal yang strategis adalah hal-hal yang yang memang menjadi tujuan utama kita,yakni kota B. Namun untuk menuju kota B, terkadang jalan besar tersebut macet, banyak gangguan di jalan, kemungkinan menabrak orang yang ramai, ataukemungkinan ada keramaian di jalan, sehingga kita bisa terhambat. Dari yang kitarencanakan di perjalanan hanya menghabiskan waktu 1 jam, karena banyakkendala, akhirnya ditempuh selama 2 jam lebih.

Selain jalan utama atau jalan besar tersebut, ada juga jalan-jalan kecil, lorong, dangang yang sebenarnya bisa dilewati. Walaupun jalannya berputar-putar, banyak belokan, melewati sungai dan parit, namun tujuannya tetap ke Kota B. Ketika kitalewati jalan-jalan kecil tersebut, ternyata kita bisa lebih cepat sampai sekaligus tidak mendapat kendala di jalan. Cara berfikir seperti inilah yang disebut dengan cara berfikir taktis. Lalu apa kesimpulan yang kita bisa ambil dari cerita di atas? Berfikir strategis adalah cara berfikir yang berhubungan secara langsung dengan tujuan, atau cara berfikir yang ideal, cara berfikir normatif (sesuai norma), cara berfikir dan bertindak yang sesuai dengan teori atau aturan yang ada. Caraberfikir dan bertindak seperti ini dianggap cara yang lurus-lurus saja. Ibarat seekor kuda dengan kusirnya. Kuda berfikir lurus-lurus saja, karena memakai kacamata kuda, sedangkan si kusir berfikir bebas, dan ia yang kemudian mengarahkan sikuda agar terus berjalan ke arah yang benar. Si kuda yang berfikir lurus-lurus saja bisa terjerembab ke lumpur, menginjak kayu dan sebagainya, sehingga bisa celakadan tidak mencapai tujuan. Sedangkan si kusir yang berfikir bebas, karena fikiran dan matanya terbuka, ia bisa membelokkan jalan kuda ke kiri dan ke kanan, untuk kemudian sampai ke tujuan.

Berfikir dan bertindak strategis adalah cara yang paling sesuai dengan apa yangtertulis di buku atau teori yang ada. Jika sebuah teori mengatakan untuk mengajak seseorang diskusi harus diberikan pemahaman dan dibentuk kesadarannya terlebih dahulu, maka hal itulah yang harus dilakukan. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Untuk membuat seseorang paham dan sadar, maka dibutuhkan waktu yang sangat panjang, bahkan bisa saja tidak berhasil dilakukan. Orang yang berfikir taktis tidak langsung menerapkan apa yang disebutkan didalam buku atau dikatakan sebuah teori. Yang penting bagi orang yang berfikir taktis adalah; bagaimana masyarakat yang di ajak diskusi bisa datang ke pertemuan. Persoalan orang tersebut belum sadar atau tidak bukanlah persoalanutama. Karena bagi mereka, dengan kehadiran seseorang tersebut di pertemuan atau diskusi, maka paling tidak ia bisa mendengar apa yang di bicarakan dalam diskusi tersebut. Ketika orang tersebut sudah datang dan mendengar, bisa sajakemudian ia menjadi sadar tentang pentingnya diskusi atau pertemuan tersebut. Pertanyaannya kemudian adalah, mana yang lebih baik antara berfikir strategisdan taktis? Jawabannya adalah; kedua-duanya sama-sama baik. Penting untuk berfikir strategis, karena hal itu akan tetap menjaga kita supaya berada di jalur yang benar untuk melakukan perubahan di masyarakat. Tujuan utama dari kegiatan yang kita lakukan bersama masyarakat adalah bagaimana masyarakat bisa keluar dari kemiskinan, ketidakadilan dan kemelaratan. Segala sesuatu yangbersifat strategis memang harus dijaga, dipegang dan dipedomani. Jangan pernah keluar dari benang merah yang menghubungkan kita (seorang CommunityOrganizer) dengan tujuan utama kita.

Di sisi lain, berfikir taktis juga penting, bahkan perlu untuk seorang Community Organizer, karena dengan begitu, kita bisa lebih lincah bergerak. Seperti se ekor burung kecil di pohon yang sulit di bidik dan ditembak, karenaia bergerak lincah dan cepat. Bergerak lincah dan cepat adalah cara berfikir taktis, walaupun untuk itu ia harus lebih lelah sedikit, karena membutuhkan tenaga yang lebih besar. Tapi tidak masalah jika harus mengeluarkan tenaga atau energi yang lebih besar, karena bagi kita, tujuan menguatkan masyarakat, dan melepaskan masyarakat dari cengkeraman kemiskinan adalah lebih penting daripada kita terpaku, diam dan tidak bergerak.

Cara berfikir taktis sering sekali dianggap cara berfikir dan bertindak yang aneh. Karena selain sangat lincah dan liar, cara berfikir dan bertindak taktis juga kadang-kadang dianggap tidak berhubungan sama sekali dengan tujuan utama yang ingin dicapai. Andaikan saja kita ingin memberi pemahaman kepada kepala desa agar ia bisa mengerti dan sadar tentang pentingnya melibatkan perempuan dalam perencanaan pembangunan di desa, maka kita tidak harus diskusi-diskusi saja dengan si kepala desa. Diskusi-diskusi,obrolan, training atau pertemuan-pertemuan bisa saja tidak efektif, karenaPak Kepala Desa sudah bosan dengan pertemuan-pertemuan dan diskusi. Agar tujuan kita bisa tercapai, bisa saja kita ikut mancing, main catur, atau pergi ke empang milik kepala desa. Atau lihat juga apa yang disenangi kepala desa. Jika si Kepala Desa senangnya mancing, ikutlah memancing dengannya (walaupun kita tidak suka memancing). Jika Pak Kepala Desa sukanya mainbola, maka ikutlah bermain bola, atau ajak bicara-bicara sepak boladengannya. Intinya, bangunlah kedekatan psikologis dengan kepala desa tersebut. Pada saat melakukan sesuatu yang disenangi oleh kepala desa, maka bangunlah pembicaraan-pembicaraan yang ringan-ringan saja. Jangan bicarakan yang serius dan formal, karena hal itu akan membuatnya bosan. Ketika sudah beberapa kali melakukan pendekatan, yakinlah, ketika kitabicara yang serius, maka ia akan senang, mau mendengar dan tertarik. Atau bisa juga walaupun ia tidak terlalu tertarik, tapi dia setuju dengan pemikiran kita.

Kalau dianalisis, cara yang dilakukan tadi sebenarnya bisa saja tidak berhubungan dengan tujuan kita untuk membuatnya sadar. Tapi kalau kita langsung membicarakan hal-hal yang serius terkait dengan kegiatan kita,maka kepada desa tadi bisa saja bosan dan malas mendengarnya. Namun ketika hubungan kita dengannya sudah dekat dan enak, maka kita akan lebih mudah mempengaruhinya. Cara berfikir dan bertindak yang seperti di ceritakan di ataslah yang bersifat taktis. Seorang Community Organizer jangan terlalu memaksakan fikiran, panduan, maupun teori yang ada untuk membuat kepala desa sadar dan paham dengan apa yang menjadi tujuan kita. Kadang-kadang kita harus melakukan sesuatu yang sepertinya tidak berhubungan dengan tujuan tersebut, namun kemudian kita kembali ke jalur atau jalan yang sebelumnya.atau terlalu lama untuk berfikir dan bertindak taktis, karena jika terlalu lama, maka kita akan terlalu jauh menyimpang dari hal-hal yang strategis.

Satu hal yang harus diingat oleh seorang pekerja sosial di masyarakat dalam berfikir dan bertindak taktis dan strategis adalah, kita harus selalu ingat dengan tujuan utama kita. Walaupun sepertinya kita melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan tujuan utama kita, namun di fikiran dan benak kita harustetap ingat akan tujuan utama tersebut. Jangan pernah lupa Berfikir dan bertindak taktis dan strategis bisa sangat mudah dilakukan jika seorang Community Organizer sudah benar-benar bisa memahami dan memiliki pengalaman melakukannya di masyarakat. Untuk bisa berfikir dan bertindak taktis, maka seorang pekerja sosial atau Community Organizer harus banyak menimba pengalaman melalui kerja-kerja secara langsung bersama komunitas. Tidak terlalu berguna jika hanya duduk, membaca, mengikuti training kelas dan sebagainya.

Seorang CO harus banyak terjun ke lapangan, bergaul denganmasyarakat, melakukan pencatatan terhadap apa yang telah dan sedang dilakukannya, dan mengambil pelajaran atas kekurangan dan kelemahannya, dan meningkatkan apa yang telah berhasil dilakukan.  Akhirnya, berfikir dan bertindak taktis dan strategis adalah diibaratkan mencari jarum di tumpukan jerami. Untuk menemukan jarum, tidak harus membakar seluruh jerami, karena bisa saja malah hanya akan semakin mempersulit menemukannya.

Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan. Bisa menggunakan tangan, bisa menggunakan tongkat kayu, bisa dengan cara memilah-milah jerami sedikit-sedikit, bisa juga dengan memijak-mijak jerami itu.  Memijak jerami tentu saja beresiko terkena jarum, tapi itulah proses. Memijak jerami, menggunakan tongkat kayu dan sebagainya bisa saja beresiko, namun resikotersebut merupakan bagian dari proses menuju kedewasaan, sehingga akan semakin hati-hati dan berpengalaman. Begitu juga ketika bekerja bersama dengan komunitas/masyarakat.

Ada banyak cara untuk memberdayakan dan menguatkan masyarakat. Cara yang ditempuh tidak harus cepat sehingga mencapai tujuan. Seorang Community Organizer harus pintar-pintar dan cerdik untuk bertindak dan memilah-milah, makan tindakan dipilih. Mana yang strategis, dan mana yang taktis. Sepanjang sesuatu yang taktis tersebut bisa mencapai tujuan, walaupun harus berbelok-belok dan sepertinya tidak berhubungan dengan tujuan tidaklah masalah.

Walaupun begitu, cara berfikirdan bertindak taktis dan strategis harus benar-benar dibangun dari pengalaman, bukan dari teori-teori saja. Untuk itu tetaplah harus sering belajar dari masyarakat, maka ilmu berfikir taktis dan strategis semakin terbiasa dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar