Kamis, 14 Juni 2012

WORKSHOP SINERGI DENGAN PEMERINTAH


Aswaja_Post (Kalianda) Lakpesdam NU Kabupaten Lampung Selatan melalui Program PNPM Peduli menggelar kegiatan Workshop dengan pemerintah di Balai Desa Sukaraja Kecamatan Raja Basa. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mempertemukan akan antara kelompok Nelayan binaan Lakpesdam Kabupaten Lampung Selatan “Harapan Bahari” dengan Pemerintah setempat. Tujuannya agar adanya hubungan sinergisitas antara tim program (Lakpesdam NU), Kelompok Harapan Bahari dengan Pemerintah. Selain itu adanya rasa memiliki program bersama antar lakpesdam dan pemerintah sehingga harapan kedepan kelompok binaan dapat berkembang secara terus-menerus. Ujar Mushlihun.

Hadir pada kegiatan ini Bapak Jhoner si Butar-butar, S.Pi dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lampung Selatan, Effendy MS Kepala Desa Sukaraja. Lilik Chotimatul Adwiyah, S.Ag wakil ketua PC. Lakpesdam Lampung Selatan, Titut Sudiono Sekretaris PW. Lakpesdam Lampung Muslihun wakil ketua PCNU Kabupaten Lampung Selatan. Kami sangat senang sampai hari ini masih ada binaan dari lambaga yang peduli terhadap warga nelayan, karena baru kali ini ada lembaga yang secara intensif mau membimbing kelompok nelayan. Harapannya pemerintah dalam hal ini DKP Kabupaten Lampung Selatan dapat memprioritaskan pembinaan terhadap kelompok yang memang sudah terbina seperti kelompok Harapan Bahari ini. Harap Effendy.

Setelah acara ditemui Jhoner mengatakan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lampung Selatan akan membantu warga nelayan (kelompok nelayan) sesuai dengan kenerja kelompok. Apabila kelompok memiliki ghiroh untuk berkembang tentunya bantuan akan kami berikan. Saat ini banyak program yang akan dilakukan Pemerintah, tapi mungkin sampai kepda warga Sukaraja khususnya karena memang saat ini pemerintah masih melihat kelompok-kelompok mana yang layak untuk menerima program.

Dari 33 cabang yang menerima program PNPM Peduli ini sepatutnya kita bersyukur dan memanfaatkan program ini dengan maksimal. Kedepan kerjasama antar kelompok dan antar tim program yang lebih baik karena Program ini dalam rencana awal untuk tahun pertama akan berakhir sampai bulan juni, namun diperjalannya karena keberhasilan bersama anatar tim program dan kelompok maka program tahun pertama ini di perpanjang sampai bulan Desember. Harap Titut.

Mutakin selaku Community Organizer (CO) Program ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa pihaknya siap terus mendampingi dan membina kelompok sehingga kelompok mampu untuk mandiri. Beberapa bulan yang lalu program PNPM Peduli ini telah berjalan memberikan pelatihan-pelatihan kepada kelompok dan memberikan pinjaman sarana prasarana usaha seperti giling bakso, perahu, mesin, mesin jenset, mesin dan peralatan tangkap lainnya. Untuk 6 bulan kedepan program lebih fokus kepada peningkatan Sumberdaya Manusia yakni melakukan pelatihan-pelatihan. tutup Mutakin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar