Minggu, 25 Desember 2011

Sosialisasi PNPM Peduli Lakpesdam NU di Pekon Margo Dadi Kab. Tanggamus


Aswaja_Post(25 Desember  2011).  Kemarin tepat Hari Sabtu tanggal 24 Desember 2011, Pengurus Wilayah Lakpesdam NU Lampung bersama Pengurus Cabang Lakpesdam NU Tanggamus mensosialisasikan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Peduli di Pekon Margo Dadi Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus.  Sosialisasi ini bertujuan agar para pelaku PNPM Peduli paham akan pentingnya program ini dan tidak terjadi kesalah pahaman di kemudian hari.

Kegiatan PNPM Peduli di Pekon Margo Dadi selama satu periode ini mengambil tema “Pemberdayaan Kelompok Peternak Bebek Petelur di Pekon Margo Dadi Kabupaten Tanggamus”.  Sasaran program ini yaitu kelompok ternak bebek "Barokah" di Pekon Margo Dadi yang berjumlah 56 orang terdiri dari 40 orang  Laki-laki dan 16 orang Perempuan. dimana para peternak bebek tersebut adalah petani yang secara kondisi sosial-ekonomi merupakan buruh tani yang tidak mempunyai lahan sendiri.  Tujuan program meningkatkan penguatan manajemen dan kapasitas organisasi yang dalam hal ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan kelompok penerima manfaat tentang pentingnya berorganisasi dan manajemennya. Selain itu juga, mampu meningkatkan kemampuan pemahaman peternak bebek dengan membudidayakan beternak bebek secara intensif sehingga produksi telur bisa berkembang.

Pada kesempatan ini datang dalam acara Bapak Camat Kecamatan Sumber Rejo, Sekretaris NU Kabupaten Tanggamus, Ketua Patayat NU Kab. Tanggamus, Ketua GP Anshor Kab. Tanggamus dan tamu undangan dari berbagai macam elemen serta peserta atau kelompok tani dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Erlina, SP selaku Ketua Lakpesdam NU wilayah Lampung mengatakan bahwa Program PNPM Peduli ini muncul untuk menjangkau masyarakat miskin dan masyarakat marjinal yang memang tidak terjangkau oleh program PNPM-PNPM yang lain.  Sedangkan Bapak Camat Kecamatan Sumber Rejo sangat berterima kasih kepada Lakpesdam NU yang telah mendukung pembangunan dan mengentas kemiskinan dengan memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat miskin khususnya masyarakat Pekon Margo Dadi.  Harapannya masyarakat Margo Dadi bisa memanfaatkan program ini dengan baik, karena pekon ini salah satu  pekon/kelurahan yang terpilih mendapatkan bantuan dan pembinaan usaha dari PNPM Peduli. Sambung pak Camat.

Pada kesemapatan ini masyarakat marjinal yang ada di Pekon Margo Dadi sangat membutuhkan program untuk menunjang usaha mereka. Ini terlihat dari antusias masyarakat dalam menghadiri dan menanggapi hadirnya program PNPM Peduli.  Safrul Latif selaku Community Organizer (CO) PNPM Peduli Kab. Tanggamus mengatakan masyarakat Pekon Margo Dadi belum memahami tentang arti berkelompok. “Individualisme mereka masih kenceng” tutur latif (panggilan Safrul Latif). Dengan adanya Program PNPM Peduli ini harapannya setelah ini mereka bisa berkelompok, menghadapi masalah secara bersama-sama, sehingga seberat apapun masalah yang mereka hadapi, bisa mereka atasi.

1 komentar: